Monday, May 26, 2008

16 KRI Ujicoba Senjata Strategis di Laut Jawa


KRI Fatahilah (361) saat menembakkan mortir anti kapal selam Bofors 375mm.

Pra Latgab TNI 2008

Surabaya, Sebanyak 16 kapal perang dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melakukan gladi parsial atau ujicoba persenjataan strategis di Laut Jawa sebelum mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2008.

Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful dalam siaran persnya yang diterima ANTARA di Surabaya, Minggu menjelaskan, kapal berbagai jenis itu melakukan ujicoba penembakan berbagai senjata strategis, seperti penembakan rudal RBU, Asroc, bom laut, meriam dan lainnya.

"Ke-16 kapal pemukul Koarmatim tersebut melakukan uji coba berbagai persenjataannya yang akan digunakan pada Latgab TNI Juni mendatang di empat lokasi yakni Natuna, Batam, Singkawang dan Sangata. Keempat wilayah itu berada di perbatasan dengan negara tetangga," katanya.

Menurut dia, dipilihnya Laut Jawa sebagai lokasi uji coba karena senjata yang diluncurkan merupakan senjata-senjata pamungkas KRI yang mempunyai daya hancur tinggi sehingga memerlukan lautan yang luas dan bebas dari lintasan kapal-kapal niaga karena sangat berbahaya.

"Pelaksanaan penembakan berbagai senjata strategis tersebut berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 22 sampai dengan 24 Mei 2008. Selanjutnya seluruh KRI kembali ke pangkalannya di surabaya untuk persiapan pemberangkatan ke Latgab TNI 2008," katanya.


Awak kapal di ruang Komando KRI Fatahilah (361)

Ke-16 kapal yang terlibat tersebut meliputi KRI Slamet Riadi-352, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355, KRI Fatahila-361, KRI Hasanudin-366, KRI Diponegoro-365, KRI Nalla-365, KRI Sultan Hasanudin, KRI Hasan Basri-882, KRI TPD, KRI Hiu-411 dan lainnya.

Sumber : ANTARA

No comments: