Wednesday, April 30, 2008

TNI AL Perkuat Pengamanan Laut di Perairan NTT



Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Wilayah VII membangun pos TNI AL di Maritaing serta membangun Pangkalan TNI AL Tipe B di Kalabahi, Kabupaten Alor.

Menurut Komandan Lantamal VII Kupang, Brigadir Jenderal (Marinir) Syaiful Anwar, pos ini berfungsi untuk memantau aktifitas kapal asing yang melewati jalur pelayaran internasional (ALKI III). Sementara Pangkalan TNI AL berfungsi mendukung logistik kapal perang yang beroperasi di wilayah perairan yang berbatasan dengan Timor Leste.

"Pangkalan tipe B ini mengamankan wilayah perairan Alor, sebagian laut Fores dan sebagian perairan Maluku Utara," kata Syaiful di Kupang, Rabu (30/4).

Pemerintah Kabupaten Alor, ia melanjutkan, telah menyatakan kesediaan untuk membantu tanah sekitar 5-10 untuk pembangunan pangkalan, yang rencananya akan mulai dibangun tahun ini. "Sekitar 200 personil TNI AL akan ditempatkan diwilayah itu. Mereka akan dilengkapi dengan kapal patroli, kapal perang dan senjata organik," katanya.

Dia menambahkan, TNI AL juga telah membangun sebuah pangkalan tipe C di selatan Kabupaten Rote dengan kekuatan sekitar 60 personil didukung kapal-kapal patroli. "Akan diresmikan setelah personil yang dibutuhkan tiba," ujar Syaiful.

Kehadiran pangkalan itu selain untuk mengawasi perairan Indonesia juga bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap para imigran gelap yang ingin menyeberang ke Australia secara ilegal.

Menurut Syaiful, wilayah perairan NTT termasuk rawan pelanggaran karena letaknya yang berada pada alur pelayaran internasional dan juga berbatasan dengan Negara asing.

Sumber : TEMPO INTERAKTIF

No comments: