Friday, April 11, 2008

Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Panglima AB se-Asia Pasifik

JAKARTA--MI: Indonesia dijadwalkan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan panglima angkatan bersenjata se-Asia Pasifik pada November 2008.

Pertemuan akan dilaksanakan di Bali, dan akan membahas berbagai hal terkait kerja sama militer negara-negara Asia Pasifik yang telah berjalan lama dan baik.

Demikian salah satu pembahasan dalam pertemuan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dan Komandan Komando Pasukan Amerika Serikat (AS) di Asia Pasifik (US PACOM) Laksamana Timothy J Keating di Jakarta, Kamis (10/4).

Panglima TNI mengemukakan seluruh persiapan terkait hajatan tersebut, terus dilakukan. "Namun, penyelenggaraan pertemuan ini juga tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masing-masing negera Asia Pasifik," katanya seperti

disampaikan Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen.

Terkait hal itu, Panglima TNI dijadwalkan berkunjung ke AS untuk bertemu Panglima Angkatan Bersenjata AS guna membahas setiap detail kegiatan dan perkembangan persiapan yang telah dilakukan TNI selaku tuan rumah.

Ini merupakan pertemuan tahunan para pimpinan militer negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang membahas tantangan keamanan dan kerjasama kawasan dan global, didasari saling pengertian.

Seperti pada pertemuan di Hawaii 2007, pertemuan November mendatang, kemungkinan akan dihadiri pula sejumlah negara Asia Pasifik seperti Australia, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kanada, Kamboja, India, Jepang, dan lainnya. (Ant/OL-06)

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: