Friday, April 11, 2008

Konsistensi Bantuan Militer AS kepada TNI

Menhan Pertanyakan Bantuan Kapal Patroli dari AS

JAKARTA, KAMIS - Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono meminta Amerika Serikat konsisten dalam hal memberikan bantuan terkait upaya peningkatan pembangunan kapasitas (capacity building) bagi TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dan Udara, terutama terkait upaya pengamanan sejumlah kawasan perairan strategis seperti Selat Malaka.

Pernyataan itu disampaikan Juwono kepada Kompas, Kamis (10/4), saat ditemui di ruangannya. Sebelum menemui Kompas, Juwono menerima kunjungan Panglima Komando Pasifik AS (US Pacific Command) Laksamana Timothy J Keating di Dephan.

”Tadi saya tanyakan mengapa US Pacom beberapa waktu lalu beri bantuan ke Polri dan bukan ke TNI AL atau AU. Kalau memang mau konsisten, seharusnya bantuan militer diberikan ke militer dan bantuan dari sipil atau polisi diberikan juga ke polisi,” ujar Juwono.

Juwono mempertanyakan bagaimana bisa pihak militer AS, dalam hal ini US Pacom dapat memberikan bantuan sejumlah kapal patroli kepada Polri, terkait bantuan penanganan anti-teror sementara sebelumnya pihak pasukan elit AL AS, Navy Seals, juga memberikan bantuan ke Densus 88 Anti-teror Polri.

“Saya katakan pemerintah AS seharusnya bisa konsisten dengan prinsipnya sendiri soal akuntabilitas, jadi kalau bantuan dari militer seperti dari US Pacom atau Pentagon, ya diserahkannya juga ke militer dalam hal ini TNI. Saya dalam masalah ini cuma mengingatkan saja,” ujar Juwono.

Sumber : KOMPAS.COM

No comments: