Monday, March 10, 2008

Operasi Patok (Jayapura)



Sesuai Program Kerja Lanud Jayapura setiap tiga bulan sekali personel Lanud Jayapura secara intensif juga melaksanakan Operasi Patok. Kegiatan ini dilakukan dibawah pengawasan tim aset Lanud yang terdiri dari Kadisops, Kaintelpam, Dansatpom, Pakum, dan Kasi Fasint. Tugas Pokoknya yaitu secara teratur melakukan pengecekan terhadap batas-batas tanah milik Lanud Jayapura, memperbaiki/ mengganti patok batas milik Lanud yang rusak atau hilang. Sebab masih sering sekali dari para penduduk tadi melakukan pelanggaran-pelanggaran batas wilayah dari Lanud.

Kegiatan Operasi Patok pada Triwulan pertama ini dilaksanakan pada hari selasa, 4 Maret 2008 yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Jayapura. Operasi Patok kali ini dikomandoi langsung oleh Kolonel Pnb. Dedy Permadi, SE, MMDS yang bertindak selaku Komandan Lanud Jayapura. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada operasi patok kali ini adalah memeriksa patok-patok yang sudah terpasang, dan menginventarisir patok-patok tersebut dengan menggunakan GPS untuk menentukan koordinat masing-masing patok tersebut, dengan tujuan apabila sewaktu-waktu kami kehilangan patok atau ada yang menggeser salah satu patok yang sudah ditentukan, kami dapat mencarinya dengan menggunakan koordinat-koordinat yang sudah ada kemudian.

Seperti pada Operasi Patok sebelumnya, kami berjalan mengelilingi areal tanah Hollandia Drome seluas 313 Hektar dan sudah tersertifikat sejak tahun 1981. Di areal tanah Hollandia Drome terdapat 9 patok untuk menandai batas-batas tanah milik Lanud Jayapura.

No comments: