Monday, March 24, 2008

Australia Berambisi Miliki Jet Tempur Siluman F-22 Raptor

Brisbane (ANTARA News) - Setelah memutuskan untuk tetap membeli 24 unit jet tempur canggih F/A-18F Super Hornet dari Amerika Serikat 17 Maret lalu, Australia ternyata juga berambisi untuk bisa membeli pesawat tempur super canggih F-22 Raptor.

Keinginan kuat Australia untuk bisa membeli F-22 Raptor yang hingga kini belum diizinkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk dijual ke pasar alat utama sistem senjata (alutsista) dunia itu diberitakan media Australia, Minggu.

Menteri Pertahanan Joel Fitzgibbon seperti dikutip ABC mengatakan ia tertarik untuk menjadikan F-22 Raptor sebagai opsi (pilihan) yang baik untuk mengantisipasi keterlambatan penerimaan pesawat segala matra F-35 Joint Strike Fighter (JSF).

"Saya jauh lebih tertarik untuk melirik F-22 terlebih lagi ketika tidak satu pun dari kita saat ini tahu kapan F-35 akan diserahkan apakah tahun 2015 atau 2020?" katanya.

Ambisi Australia untuk bisa memiliki jet tempur "F-22 Raptor" yang berteknologi siluman (stealth) itu sebelumnya juga pernah terungkap ke ranah publik, saat Menhan Joel Fitzgibbon bertemu Menhan AS Dr. Robert Gates dalam forum konsultatif para menteri pertahanan dan luar negeri kedua negara (AUSMIN) di Canberra, 23 Februari lalu.

Dalam pertemuan yang juga diikuti Wakil Menlu John Negroponte mewakili Condoleezza Rice yang berhalangan hadir dan Menlu Australia Stephen Smith itu, Pemerintah Australia tidak hanya mempertimbangkan partisipasinya dalam program sistem pertahanan rudal AS, tetapi juga mendorong negara adidaya itu untuk mengizinkan penjualan jet tempur generasi baru "F-22 Raptor".

Selengkapnya>>

No comments: