Tuesday, March 25, 2008

30 Unit Panser PINDAD dipersiapkan Menyambut HUT TNI 2008


Prototype panser 6x6 Pindad yang diberi nama "Sangkuriang".

Bandung - Sebanyak 30 unit Panser buatan PT Pindad akan memperkuat TNI dan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan, paling lambat pada tanggal 5 Oktober 2008 sudah bisa mengikuti parade HUT TNI.

"Kami sudah pesan sebanyak 30 unit panser berbagai varian untuk kepentingan TNI AD dan TNI AL jenis amphibi. Diperkirakan pada 5 Oktober nanti sudah bisa beroperasi," kata Dirjen Sarana dan Pertahanan Dephan Marsekal Muda Eris Heryanto kepada wartawan disela-sela mengikuti pertemuan bulanan antara unsur Dephan, TNI dan BUMNIS di PT Pindad, Bandung, Senin.

Dia mengatakan, PT Pindad sudah menyanggupi pembuatan sebanyak 30 unit Panser dan amphibi itu bisa selesai sebelum Oktober 2008 sesuai dengan spesifikasi yang diminta seperti Panser Angkut Personel Ringan (APR), Angkut Personel Sedang (APS), dan Amphibi.

"Sebanyak 30 unit panser itu merupakan bagian dari kontrak antara PT Pindad dengan Dephan mengenai pengadaan kendaraan berat senilai Rp1 triliun," katanya.

Mengenai pendanaan, dia mengatakan, soal pendanaan sudah diserahkan sepenuhnya kepada pihak Departemen Keuangan. "Kita hanya mengusulkan, yang bayar Depkeu," katanya.

Sementara itu Sekjen Dephan Letjen Sjafrie Sjamsoeddin dalam rapat mengemukanan bahwa pihaknya berharap dalam pertemuan bulanan itu bisa terjalin saling kerjasama antara Dephan, BUMNIS, BPPENAS, Depkeu dan departemen terkait, agar dapat merealisasikan secara bertahap pemenuhan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI.

Selain itu perlu adanya kesinambungan antardepartemen dalam menetapkan kebijakan, khususnya yang mengarah pada terwujudnya kemandirian di bidang industri pertahanan, katanya

Sumber : ANTARA

No comments: