Friday, February 22, 2008

TNI AL dan US Navy Gelar Latihan Bersama



Surabaya - TNI AL akan menggelar latihan perang bersama dengan AL AS (US Navy) dengan sandi Latma "Naval Engagement Activity (NEA) 2008" yang saat ini masih dalam taraf koordinasi antara Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dengan angkatan laut AS.

Komandan Satgas Latma NEA 2008, Letkol Laut (P) Octavian di Surabaya, Kamis mengemukakan, saat ini koordinasi dan perencanaan latihan itu terus dilaksanakan dengan dihadiri Kepala Staf Koarmatim, Laksma TNI Suparno dan perwira AL AS, Kolonel Michael William Selby.

"Latma NEA 2008 merupakan pengganti CARAT yang pada tahun 2007 dilaksanakan TNI AL dengan US Navy di Jakarta, 6 - 10 Agustus dengan melibatkan Koarmabar dan Brigif-2 Marinir di Cilandak," kata perwira menengah yang sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmatim itu.

Didampingi Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful, ia mengemukakan, untuk Latma NEA kali ini diawali dengan pembahasan tujuan latihan, penentuan tanggal, daerah latihan, agenda dan materi lain yang diinginkan TNI AL, serta unsur-unsur yang dilibatkan dalam latihan NEA 2008.

"Untuk latihan kali ini dititikberatkan pada kegiatan, antara lain simposium hukum internasional, operasi helikopter, perang kota, kesehatan militer, amfibi, operasi sungai serta demontrasi teknologi alat peperangan elektonika dan komunikasi," katanya.

Direncanakan, Latma NEA 2008 akan digelar minggu ketiga pada bulan Agustus mendatang setelah TNI AL terlibat dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2008. Lokasi latihan bersama NEA lebih banyak dilaksanakan di Surabaya dan sekitarnya.

Ia mengemukakan, pihaknya akan segera menyusun draf rencana garis besar latihan dan berkoordinasi dengan semua satuan yang akan terlibat dalam latihan.

"Kami juga akan menyusun personel staf yang akan dilibatkan dalam Latma NEA 2008, menyiapkan lokasi latihan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan terutama masalah keamanan yang berhubungan dengan orang asing," katanya.

Selama di Surabaya, katanya, delegasi AL AS akan melakukan kunjungan ke Wali Kota Surabaya, Pangarmatim serta Komandan Lantamal V Surabaya.

Sumber : ANTARA

No comments: