Saturday, February 23, 2008

Kunjungan Menhan AS Bahas Anggaran Pertahanan dan Keamanan Selat Malaka

JAKARTA--MI: Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono menyatakan, agenda pertemuan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates yang direncanakan Senin 25/2) depan, akan membahas dua agenda penting.

"Ada dua agenda utama yang akan dibahas, yaitu penggunaan anggaran berbasis pertahanan dan pengamanan Selat Malaka," kata Juwono saat dihubungi di Jakarta, Jumat (22/2).

Juwono menjelaskan penggunaan anggaran berbasis pertahanan meliputi bagaimana keadaan TNI sekarang dalam menggunakan anggaran. Diharapkan, pejabat TNI, sipil, dan Dephan bisa memahami dan mengerti dalam penggunaan anggaran.

Untuk penggunaan anggaran berbasis pertahanan, ujarnya, Indonesia akan belajar dari AS bagaimana melakukan perhitungan secara cermat dalam menggunakan anggaran. "Bagaimana kita bisa mengitung secara cermat penggunaan anggaran 10 tahun kedepan, bagaimana penggunaan anggaran untuk ketiga matra hingga terpadu dan bagaimana dengan penggunaan alutsista yang berusia 10 hingga 15 tahun," jelas Juwono.

Sedang soal Selat Malaka, Juwono menjelaskan bahwa peran AS sangat diperlukan dalam penjagaan itu. Sebab jalur-jalur perdagangan melalui selat-selat di kawasan Asia Tenggara sangat memengaruhi negara-negara di Asia Timur Laut.

"Peran AS dan Jepang ditambah negara-negara ASEAN sangat diperlukan untuk menjaga keamanan selat-selat yang ada di kawasan ASEAN. AS akan berikan bantuan teknis dalam pengamanan Selat Malaka," ujarnya.(Mjs/OL-03)

Sumber : MIOL

No comments: