Thursday, January 31, 2008

TNI AL Tetap Bangun 'Air Stream' di Alas Tlogo

JAKARTA--MI: TNI AL tetap melanjutkan niat membangun Air Stream di atas lahan pusat latihan tempur, Alas Tlogo, Grati, Pasuruan.

"Kami tetap menawarkan lima hektare lahan pengganti bagi warga yang sempat tinggal di wilayah yang akan dibangun itu," kata Kadispenal Laksamana Pertama Iskandar Sitompul, di Jakarta, Rabu (30/1).

Dia melanjutkan pihaknya memang sangat membutuhkan air stream tersebut sebagai pendukung utama latihan-latihan tempur personel TNI AL. Dia mengatakan Air Stream akan digunakan sebagai landasan bagi pesawat kecil milik TNI AL semacam Nomad dan Cassa.

Hingga sekarang, lanjut mantan Danlanal Bali itu, baru separuh dari warga yang tinggal di wilayah yang akan dibangun Air Stream yang bersedia menerima lahan pengganti. "Sisanya belum mau menerima dan saat ini masih terus diadakan pendekatan khususnya oleh pihak Pemda setempat," kata Iskandar.

Puslatpur TNI AL Alas Tlogo, Grati, Pasuruan sempat memiliki kisah yang menjadi isu nasional. Medio 2006 lalu, beberapa personel Marinir yang berjaga melepaskan tembakan ke arah warga yang sedang berunjuk rasa memprotes pengambilalihan lahan yang selama ini dikelola warga. Akibatnya setidaknya delapan warga terluka parah, bahkan beberapa diantaranya tewas.

Saat ini pihak POM TNI sedang memproses hukum prajurit yang melakukan penembakan. Sedang mengenai status tanah itu, TNI AL beralasan seluruh tanah di wilayah itu adalah milik mereka. Sedang warga yang tinggal adalah pendatang yang sama sekali tak memiliki sertifikat sah atas tanah yang mereka olah. (Mjs/OL-03)

Sumber : MIOL

No comments: