Thursday, January 31, 2008

Perang Israel 2006 'kelalaian serius'

Perang Israel terhadap Hizbullah tahun 2006 adalah kelalaian "besar dan serius", kata penyelidikan bentukan pemerintah Israel.
"Kami mendapati kelalaian serius dalam pengambilan keputusan...baik di tingkat militer dan politik," kata ketua tim penyelidik Eliyahu Winograd.

Perdana Menteri Israeli Ehud Olmert telah menerima salinan penyelidiki Winograd itu.

Olmert bersikukuh menyatakan, dia tidak akan mundur dari kursi perdana menteri setelah temuan penyelidikan itu diterbitkan.

Laporan akhir itu memuat kesimpulan perang, termasuk serangan kontroversial terhadap para pejuang Hizbullah beberapa jam sebelum gencatan senjata diberlakukan.

Meski demikian, kecaman keras mungkin mendatangkan tekanan bagi para mitra politik dalam koalisi yang memerintah Israel, kata para pengamat.

Hakim senior Eliyahu Winograd menyerahkan kepada Olmert salinan laporan tersebut, sekitar sembilan bulan setelah laporan sementara mengecam "kelalaian serius" pada awal perang 34-hari tersebut.

Olmert diberi waktu satu jam untuk meninjau laporan Winograd sebelum temuan itu dipublikasikan dalam keterangan pers pukul 1800 waktu setempat (2300 WIB).

Pertikaian bersenjata pecah pada Juli 2006, ketika para pejuang milisi Hizbullah menawan dua serdadu Israel dalam satu serangan lintas perbatasan yang menyebabkan tiga serdadu Israel tewas.

Dalam konflik, lebih dari 1.000 warga sipil Libanon tewas, yang kebanyakan warga sipil, dan 160 warga Israel, yang kebanyakan tentara.

Sumber : BBC Indonesia

No comments: