Wednesday, January 30, 2008

KRI Anaconda Menangkap Kapal Penyelundup KM Berkat Saudara


KRI Anaconda, masuk dalam kategori Patrol Boat (36m) buatan PT Palindo

Penyelundupan melalui perairan kepulauan Riau masih terus berlangsung. Sedikit saja aparat lengah, para penyelundup langsung menjalankan aksinya. Kapal Republik Indonesia (KRI) Anaconda milik TNI AL berhasil menangkap KM Berkat Saudara bermuatan balpres yang tak sesuai dengan manifest, Jumat (25/1).

”Kapal yang diamankan adalah KM Berkat Saudara GT 99 nomor 997 PPn ditangkap di perairan kepulauan Riau yang diperkirakan berasal dari Singapura dengan tujuan ke Tembilahan,' ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Arief, Senin (28/1) melalui Palaksa, Mayor Laut (P) Imam Hidayat.

Setelah tertangkap, kata Palaksa, KRI Anaconda menyerahkan kapal tersebut ke Lanal Tanjungbalai Karimun untuk ditindaklanjuti. Ada pun muatan yang terdapat di atas kapal adalah pakaian bekas yang dikemas dalam bentuk balpres.

”Jumlah keseluruhan jumlah sebenarnya balpres yang ada di dalam kapal kita belum tahu, sebab harus dibongkar baru bisa mengetahui. Hanya saja, berdasarkan dokumen kapal, seperti manifest menyebutkan jumlah muatan 200 lebih balpres,' terangnya.

Tapi, kata dia, jika dilihat dari luar, memang mengenai jumlah muatan tidak sesuai dokumen, yakni lebih. Untuk itu, dokumen tak sesuai dengan muatan dan juga balpres dilarang ke Indonesia, maka KRI Anaconda mengambil tindakan mengamankan.

”Dari penyerahan KM Berkat Saudara ke Lanal Tanjungbalai Karimun, kita sudah mengamankan nakhoda kapal, Amir beserta Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak sembilan orang. Dan untuk saat ini kita sedang melakukan pemeriksaan,' jelasnya.

Dilanjutkannya, jika dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Lanal Tanjungbalai Karimun bisa ditangani sendiri, maka akan dilakukan penyidikan oleh pihaknya.

Sebaliknya, jika pelanggaran yang dilakukan bukan kewenangan Lanal Tanjungbalai Karimun, maka akan diserahkan ke instansi yang terkait.

Sumber : Dispenal

No comments: