Tuesday, January 29, 2008

KOOPSAU II Siap Hadapi Ancaman

Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) II Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti menegaskan, meskipun kondisi Lanud jajaran di Koopsau II saat ini belum mencapai kondisi minimum esential force (kekuatan idial minimum), tetapi masih mampu untuk menghadapi ancaman yang ada.

”Karena keterbatasan anggaran, kita baru mampu menyiapkan tiga puluh persen dari ukuran idial. Namun demikian bila dihadapkan dengan kondisi ancaman sekarang, kita masih memadai” tegas Pangkoopsau II Masda TNI Yushan Sayuti.

Penegasan tersebut disampaikan Pangkoopsau II kepada wartawan disela-sela acara Rakernis Koopsau II TA. 2008 di Makoopsau II, Makassar, Senin (28/1). Rakernis berlangsung hari ini dan besok (Senin – Selasa) diikuti 19 (sembilan belas) Komandan Lanud jajaran Koopsau II, 7 (tujuh) LO Kodam, serta para pejabat teras Makoopsau II.

Pangkoopsau II menambahkan, Lanud-Lanud jajaran Koopsau II akan senantiasa all out dalam mendukung kebijakan pimpinan TNI AU/TNI, khususnya di bidang pertahanan. Di Lanud jajaran Koopsau II, saat ini terdapat delapan Skadron Udara, baik dari unsur tempur, angkut maupun intai yang sewaktu-waktu siap untuk di gerakan. Selain itu juga terdapat bebarapa Skadron Teknik.

Menyinggung kesiapan jajaran Koopsau II dalam kegiatan latihan gabungan (Latgab) TNI Juni 2008 mendatang, Pangkoopsau II optimis kalau jajarannya, baik unsur skadron udara, skadron teknik maupun personel pendukung dalam kondisi siap.

”Setidaknya enam puluh persen dari sekitar 4600 personil TNI AU yang terlibat dalam Latgab TNI 2008, merupakan unsur-unsur dari jajaran Koopsau II” terang Pangkoopsau II.



Rapim TNI yang digelar di Mabes TNI Cilangkap pekan kemarin, salah satunya adalah mengagendakan pelaksanaan Latgab TNI 2008. Latgab TNI 2008, akan digelar di empat titik trouble spot, masing-masing Natuna dan Batam (kepulauan Riau), Singkawang Kalimantan Barat dan Sangata, Kalimantan Timur.

”Titik titik itu memang tempat-tempat yang rawan terhadap pelanggaran wilayah, karena berbatasan langsung dengan negara tetangga, kita akan coba show force disitu” lanjut Pangkoopsau II sembari menambahkan kalau latihan yang gelar TNI hakikatnya juga merupakan bagian dari pertanggung jawaban TNI kepada rakyat.

Unsur Alutsista jajaran koopsau II yang akan dilibatkan meliputi pesawat tempur Sukhoi, F-16 Figthing Falcon, F-5E Tiger, Boeing 707 serta unsur angkut seperti C-212 Kasa dan C-130 Hercules.

Sumber : Dispenau

Berita terkait lainnya :
Pesawat Tempur Sukhoi Mulai Dipersenjatai

No comments: