Tuesday, January 29, 2008

Kodam VI/TPR Mendapat Tambahan Heli NBell-412


Helikopter serbaguna NBell-412 dengan teknologi rotor empat blade, mampu mengangkut 15 penumpang.

PENDAM VI (29/1),- Kodam VI/Tpr akan menambah satu buah helikopter untuk memperkuat pengamanan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Demikian dikemukakan Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman usai bertemu dengan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) ke-17 di ruang Danrem 091/Asn, Senin (28/01).

Sesuai program Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) 2008 secara umum tidak ada pergantian. Kecuali sarana dukung pasukan berupa kendaraan dan helikopter, rencana kita akan menambah satu lagi,” kata Pangdam yang didampingi Danrem 091/Asn Kolonel Inf Bambang Budi Waluyo. Pangdam menjelaskan, helikopter didatangkan dari Mabes TNI usai Latihan Gabungan (Latgab) Juni itu adalah jenis Bell 412. Menurut Pangdam meski ada penambahan helikopter masih belum cukup untuk mengamankan wilayah perbatasan.

“Selama ini proses pengamanan kita gunakan helikopter Bell 412 dan pesawat-pesawat lainnya. Kita juga dibantu helikopter Puma dari TNI AU. Namun ini sifatnya hanya pendukung saja, karena fungsi utamanya untuk SAR, Kodam juga akan menambah 600 personil setiap tahun. Perekrutan dilakukan pada Tamtama, Bintara hingga Perwira. Kuotanya akan kita atur dengan cara take and out, maksudnya masuk dan pensiun harus seimbang,” ujar Pangdam.

Selengkapnya>>

No comments: