Wednesday, December 12, 2007

TNI AL Luncurkan Sistem Navigasi Elektronik Untuk Pelayaran

TNI Angkatan Laut melalui Jawatan Hidro Oceanografi (Janhidros) bekerja sama dengan Departemen Perhubungan meluncurkan Electronical Navigational Chart atau Peta Navigasi Elektrik di atas KRI Lauser-924 di perairan Jakarta, Selasa (11/12).

Electronical Navigational Chart yang disingkat ENC merupakan peta digital yang dibuat berdasarkan spesifikasi dari International Hydrographic Organization (IHO) dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran.

Menurut Kajanhidros Laksamana Pertama TNI Willem Rampangilei sejak tahun 2000, Janhidros sudah mulai merintis pembuatan ENC dengan mengirimkan beberapa personel terbaiknya ke Canada, Singapura dan Inggris untuk mempelajari cara pembuatan ENC yang sudah berhasil diterapkan di Negara-negara tersebut.

Ditambahkannya, sudah menjadi tugas dan kewajiban Janhidros untuk mengenalkan peta ENC kepada masyarakat luas dan untuk itu dilaksanakan training-training singkat agar ENC bisa dilaksanakan dan bekerja sama dengan Departemen Perhubungan.

Pelaksanaan tersebut diharapkan terlaksana sebelum 2010 mengingat International Maritim Organization sudah mewajibkan kepada setiap Negara untuk memakai peta navigasi elektronik tersebut untuk tercapainya tingkat keselamatan dalam pelayaran.

Hadir dalam acara peluncuran ENC tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo beserta Pejabat dilingkungan teras Mabes TNI AL, Duta besar dan beberapa atase pertahanan dari negara-negara sahabat.

Sumber : DISPENAL

No comments: