Monday, December 03, 2007

RM Soeryo Goeritno, 14 Tahun Menggeluti Dunia Jual Beli Senjata

Dunia perdagangan senjata tak selalu identik dengan kerahasiaan dan kewaspadaan tingkat tinggi. Hanya sedikit di antara mereka yang mau buka-bukaan soal seluk beluk bisnis alat pembunuh manusia itu. Salah satunya adalah RM Soeryo Goeritno, pialang senjata produksi Rusia.

SUDAH 14 tahun malang melintang di bisnis senjata, jiwa Soeryo ternyata tak ikut "keras" seperti berbagai produk alat pembunuh yang diperdagangkannya. Buktinya, saat Jawa Pos masuk rumahnya di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan, suasana sejuk langsung terasa.

Suara burung murai batu, cucak rowo, dan perkutut bersahut-sahutan. Taman rapi berisi aneka pohon dan tanaman bunga pagi itu tampak segar dan basah, pertanda baru saja disirami.

"Ayo, silakan masuk Dik," sapa Soeryo ramah. Pagi itu, kakek dua cucu yang hobi memancing itu hanya mengenakan kaus oblong dan celana pendek. Rambutnya yang memutih karena usia dibiarkan memanjang hingga hampir menyentuh bahu. Secangkir teh panas dan sebungkus rokok terhidang di atas meja.

Selengkapnya

No comments: