Monday, October 29, 2007

Tentara Israel Pelajari Perang Libanon

Jerusalem (ANTARA News) - Tentara Israel memulai latihan perang di daerah Galilee di Israel utara Minggu dalam upaya untuk mempelajari pelajaran mengenai perang tahun lalu di Libanon, seorang jurubicara mengatakan.

"Latihan skala-besar itu dilakukan di Galilee selama empat hari kedepan dan akan melibatkan pasukan angkatan laut, udara dan darat," kata juru bicara tersebut.

"Latihan tersebut dilakukan menurut jadwal latihan tahunan, dengan tujuan untuk meningkatkan koordinasi di antara tentara yang berbeda dan untuk mempelajari pelajaran dari perang melawan Hizbullah itu," ia menambahkan.

Israel telah melakukan perang 34 hari yang menghancurkan dengan kelompok garis keras Syiah itu pada Juli dan Agustus tahun lalu setelah dua dari tentaranya ditangkap dalam satu serangan lintas-perbatasan yang mematikan.

Tentara telah gagal menemukan kembali kedua tentara itu, bagaianapun, dan kepemimpinan sipil dan militer telah dikecam keras atas apa yang banyak orang anggap sebagai kegagalan militer itu.

Latihan perang Minggu pada awalnya akan dilakukan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki, yang Israel rebut dari Suriah dalam perang Timur Tengah 1967.

Namun militer memutuskan untuk membatasi manuver itu ke Galilee agar tidak mempertegang hubungan dengan Damaskus, yang telah tegang setelah serangan udara Israel 6 September terhadap Suriah timurlaut, demikian AFP.(*)

Sumber : ANTARA

No comments: