Saturday, October 27, 2007

Rusia Siap Produksi Lagi Misil Jarak Menengah

Moskwa, Jumat - Rusia menegaskan siap untuk segera memproduksi lagi misil jarak pendek dan menengah. Rusia memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membuat rudal tadi sesegera mungkin. Sikap ini mengundang kekhawatiran perlombaan senjata era Perang Dingin kembali lagi.

"Jika ada keputusan politik untuk membangun misil dengan tipe seperti ini, jelas Rusia akan membangunnya segera. Kami memiliki segala yang dibutuhkan untuk ini," tegas Jenderal Nikolai Solovtsov, Kepala Kekuatan Misil Strategis Rusia, di Moskwa, seperti diungkapkan kantor berita Interfax, Jumat (26/10).

Peringatan Solovtsov ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Moskwa dan Washington berkaitan dengan rencana menempatkan fasilitas pertahanan rudal di dua negara Eropa Timur, Polandia dan Ceko, yang bekas sekutu Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam membatalkan sepihak pakta Intermediate Nuclear Forces (INF). INF merupakan pakta persenjataan era Perang Dingin yang melarang pengembangan senjata nuklir jarak menengah dan pendek.

Solovtsov menegaskan, Rusia masih tetap dalam pakta INF. "Kami berbuat sesuai dengan apa yang diatur INF," tambahnya. INF ditandatangani AS dan bekas Uni Soviet pada tahun 1987, menandai berakhirnya Perang Dingin yang berlangsung sejak berakhirnya Perang Dunia II.

Selengkapnya>>

No comments: