Wednesday, October 17, 2007

November 2007, TNI-AL Gelar Latihan Pendaratan Amphibi di Papua


KRI Teluk Cendrawasih (533)

Timika, Papua, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) pada bulan November menggelar latihan pendaratan amfibi dengan sandi Latihan Armada Jaya ke-27 bertempat di Pantai Kaimana,Provinsi Papua Barat.

Komandan Pangkalan TNI-AL Timika, Letkol (P) Dadi Hartanto kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan Latihan Armada Jaya ke-27 akan melibatkan sekitar 40 kapal perang dan dua brigade infanteri marinir dengan jumlah personil 4000 orang.

"Kami merencanakan akan melakukan pendaratan dalam waktu bersamaan di dua lokasi yaitu pantai Kaimana dan pantai Irwa. Pendaratan seperti ini jarang sekali dilakukan," ungkap Hartanto.

Dalam Latihan Armada Jaya ke-27 nanti juga dilibatkan pesawat intai dan pesawat pembom milik TNI-AU dan setelah pendaratan berhasil akan dilanjutkan dengan operasi serangan udara langsung ke titik sasaran yang merupakan operasi gabungan TNI-AL, TNI-AU dan TNI-AD.

Kegiatan Latihan Armada Jaya ke-27 nanti direncanakan berlangsung dalam waktu satu minggu. Ada pun Pantai Kaimana sebelumnya sudah pernah menggelar latihan pendaratan amfibi TNI-AL pada bulan Januari lalu.

Selengkapnya...

No comments: