Tuesday, October 30, 2007

Komisi I DPR Akan Berkunjung ke Republik Ceko

Jakarta (ANTARA News) - Komisi I DPR RI akan mengunjungi Republik Cekoslovakia untuk melihat langsung pelaksanaan beberapa kerja sama yang telah disepakati kedua negara, termasuk dalam bidang pertahanan dan militer.

"Kami bermaksud untuk melihat langsung pelaksanaan kerja sama yang telah disepakati kedua negara, termasuk kerja sama pertahanan antara kedua negara," kata Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga, saat dikonfirmasi ANTARA News usai mengadakan pertemuan tertutup dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono di Jakarta, Senin malam.

Terkait itu, tambahnya, dalam kunjungan selama empat hari tersebut pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Menhan Ceko dan Parlemen setempat sebagai mitra terhadap pengawasan jalannya pemerintahan masing-masing negara, terutama dalam pelaksanaan beberapa kerjasama yang telah disepakati.

Ketua Komisi I dan beberapa anggota Komisi I DPR akan berkunjung ke Ceko 4-9 November 2007.

Pemerintah Indonesia dan Republik Ceko telah menandatangani kesepakatan kerja sama pertahanan yang sempat tertunda sejak 2003, karena iklim politik di negara tersebut.

Kesepakatan kerja sama pertahanan kedua negara dilanjutkan setelah ditandatangani "Perjanjian antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Ceko tentang Kegiatan Kerja sama di Bidang Pertahanan (Agreement between The Government of the Republic of Indoensia and the Governmentof the Czech Republic on Cooperation Activities in the Field of Defence)" pada 21 November 2006 di Jakarta oleh Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan Republik Indonesia Sjafrie Sjamsoeddin, dan Deputi menteri Kementerian Pertahanan Republik Ceko Jaroslav Kopriva.(*)

Sumber : ANTARA

No comments: