Thursday, October 25, 2007

KASAL : Buka Latihan Armada Jaya XXVII/2007



ARMATIM (24/10) - Latihan puncak TNI AL yang diberi sandi “Armada Jaya XXVII/2007” secara langsung dibuka oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Slamet Soebijanto, berlangsung dalam satu upacara Di Markas Komando Latihan (Kolat) Armatim Rabu, (24/10)

Upacara pembukaan latihan Armada Jaya XXVII/2007 diawali laporan kesiapan oleh Pangarmatim Laksda TNI Adi Prabawa S.IP, MM yang juga dalam latihan kali ini bertindak selaku Direktur Latihan (Dirlat).

Sedangkan tujuan latihan kali ini untuk mempertahankan dan meningkatkan kesiapan komponen SSAT dan profesionalisme prajurit matra laut dalam menghadapi dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI.

Latihan terbesar TNI AL kali ini akan berlangsung mulai tanggal 24 Oktober 2007 sampai dengan tanggal 3 Desember 2007, melibatkan 10147 personel, 51 Kapal Perang, 5 Pesawat Cassa, 2 pesawat Nomad, 5 Helikopter, 18 Sekoci, 4 Hovercraft, 32 Tank Amphibi, 25 Truck Lias, 4 unit Senjata Multi grad 40 laras serta didukung 4 pesawat Sukhoi TNI AU dan berbagai persenjataan strategis yang dimiliki TNI AL lainnya.

Lokasi latihan Armada Jaya XXVII/2007 Kali ini adalah Pantai Kaimana dan Pantai Irwa yang terletak diprovinsi Papua, sedangkan dalam lintas laut berbagai serial latihan antara lain latihan anti ranjau, anti kapal selam, anti kapal permukaan, anti serangan udara, bantuan tembakan kapal, Terjun tempur, Infiltrasi Pasukan Katak dan Ipam Marinir,

Disamping itu berbagai senjata strategis KRI seperti rudal Exocet MM-38, Rudal strela, Meriam 120 mm, 57 mm, 40 mm, Toerpedo sut, bom laut, senjata RBU, serta senjata Multi grad 40 laras dan senjata Howitzer 120 Marinir akan diujicoba.

Skenario latihan diawali dengan Komando Tugas Gabungan melaksanakan operasi amphibi didahului dengan operasi penyebaran ranjau diteruskan pendaratan administrasi diwilayah Indonesia timur dalam rangka menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Slamet Soebijanto memperingatkan kepada para peserta agar patuhi Analisa Tugas Pokok (ATP) masing-masing sesuai buku petunjuk yang ada serta memperhatikan dan mengutamakan keselamatan personel dan material agar latihan dapat berjalan lancar.

Pada bagian lain Kasal mengatakan latihan kali ini, disamping menguji profesionalisme prajurit TNI AL., juga sebagai perwujudan tanggung jawab TNI AL kepada rakyat bangsa dan Negara.

Usai upacara pembukaan Kasal meninjau kesiapan Posko Subkogasgabla dan Subkogasgabrat serta Subkogasgabratmin Latihan Armada Jaya XXVII/2007, sekaligus Kasal mendapat penjelasan oleh Wadirlat LaksmaTNI Surya Wiranto.

Sumber : Dispen AL

Berita terkait lainnya :
TNI AL Gelar Latihan Perang Besar Libatkan Lebih 10 Ribu Prajurit

No comments: