Thursday, September 27, 2007

TNI AL Bangun Brigif Pasmar di Pinrang

Makassar (ANTARA News) - TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat ini akan memulai pembangunan Markas Brigade Infanteri Pasukan Marinir (Brigif Pasmar) di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, untuk memperkuat pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II Selat Makassar.

"Secepatnya kita akan bangun. Tergantung kesiapan Pemkab Pinrang dalam menyiapkan lahan dan menyosialisasikan hal ini kepada warga setempat," kata Kepala Staf TNI AL (Kasal), Laksamana TNI Slamet Soebijanto, kepada ANTARA di sela-sela peninjauan lokasi Markas Brigif Pasmar II di Desa Ujung Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, sekitar 200 km Utara Makassar, Kamis.

KASAL, yang didampingi Pangarmatim Laksda TNI Adi Prabawa, Dan Kormar Mayjen TNI Mar Nono Sampono dan Dan Lantamal VI Makassar, Laksma TNI Gatot Sudijanto, mengatakan Brigif Pasmar di Pinrang itu nanti akan menjadi Pasmar II di jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal VI) setelah Pasmar I di Kota Makassar.

Namun jenderal bintang empat itu belum menyebutkan berapa besar personel yang akan ditempatkan di Brigif Pasmar II itu, namun menyebutkan bahwa Komandan Pasmar II nanti akan berpangkat laksamana TNI bintang satu (Laksma).

"Kita akan sesuaikan dengan kebutuhan saja," ujarnya, saat ditanya berapa besar personil yang akan ditempatkan di Brigif Pasmar II.

Menurut KASAL, lokasi di Desa Ujung Lero itu merupakan pilihan TNI AL karena posisinya yang strategis di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II Selat Makassar ini.

"Selat Makassar ini kan banyak dilintasi kapal-kapal pelayaran internasional. Jadi harus kita amankan perairan ini dengan baik sebab kalau tidak aman, citra Indonesia di dunia internasional akan jelek," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pinrang, HM. Andi Nawir saat menerima rombongan Kasal di ruang kerjanya mengemukakan bahwa pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 200 hektare di Desa Ujung Lero untuk lokasi Markas Brigif Pasmar II yang akan dibangun TNI AL.

Proses pembebasan lahan itu sedang berjalan, dimana pihak Pemkab masih melakukan negosiasi dengan 20 kepala keluarga (KK) pemilik lahan.

"Insya Allah pembebasan lahan ini bisa segera diselesaikan," katanya, sambil menambahkan bahwa Pemkab Pinrang sedang giat menyosialisasikan rencana kehadiran Brigif II Pasmar di daerah mereka untuk kepentingan nasional. (*)

No comments: