Tuesday, September 04, 2007

Review : Kapal Selam Mini TNI-AL

Buat : brow @venom, nih pesenannya.....

Awalnya kapal selam buatan "Personel" Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dari Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) merupakan hasil modifikasi perangkat selam lateral yang dimiliki TNI-AL.

Namun pengembangannya menuai hasil menakjubkan. berkat kerjasama antara personel di Kopaska, mereka berhasil membuat kapal selam mini yang serbaguna dan bisa beroperasi di atas maupun bawah permukaan air.

Saat ini memang gambar mini-sub yang dibuat tidak banyak beredar dimedia-media. Namun sebagai gambaran, saat publikasi kapal selam mini ini Letkol Laut (KH) Toni Syaiful mengemukakan, keberadaan kendaraan berbentuk seperti jetski yang terbuat dari fibreglass. Dimana kendaraan tempur personel bawah laut ini juga bisa dinaiki maksimal dua orang.

Gambar yang saya pasang merupakan perkiraan bentuk saja, karena dari spesifikasi hampir sama dengan yang digambarkan Letkol Toni.

Pada uji coba yang telah dilakukan, kendaraan itu bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter. Namun demikian, penyelaman bisa lebih dalam lagi atau tergantung kekuatan personelnya untuk mengatur nafas. Karena itu kendaraan tersebut akan lebih efektif jika personelnya dilengkapi alat pernafasan.

Diharapkan nantinya kendaraan tempur baru itu bisa mempercepat gerakan Kopaska yang biasanya hanya berenang atau menggunakan perahu karet yang didayung dari jarak jauh untuk melakukan penyusupan ke pantai lawan.

Kapal selam mini ini khabarnya juga pernah diperlihatkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono..

Pembuatan kapal ini khabarnya juga tergolong murah karena untuk bodinya hanya membutuhkan biaya Rp15.000.000. Untuk operasionalnya, sementara tenaga penggeraknya masih menggunakan baterei.

Rumornya, sudah terbuat dua unit dan enam unit lainnya sedang dalam pengerjaan.

2 comments:

Indra Putra said...

WAW SANGAT EFEKTIF BILA DIPERSENJATAI DENGAN TORPEDO MINI DAN RUDAL ANTI KAPAL MINI TAPI BERDAYA LEDAK DASYAT

Indra Putra said...

wah bagus tuh efektif banget kalo ditambah dengan rudal torpedo dan dan anti kapal