Friday, September 28, 2007

KRI Taliwangsa Kembali Gagalkan Pencurian Ikan di Perairan Manokwari



KRI Taliwangsa BKO Gugus Keamanan Laut Timur kembali menangkap kapal ikan asing KM Piong-Piong Hai dengan ABK 20 orang berkebangsaan China Rabu (26/9).

Menurut Komandan KRI Taliwangsa Kapten Laut (P) Totok Irianto saat ditangkap kapal tersebut sedang melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia tanpa SIUP dan SIPI dan berlayar tanpa SIB.

Kapal Piong-Piong Hai beserta 20 orang ABKnya yang kemudian dikawal menuju pangkalan TNI AL terdekat Farharkan Manokwari guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kapal yang berlayar dari Hainan China ke laut teduh ( utara Papua Barat) tidak dapat mengelak setelah aparat KRI Taliwangsa memergoki sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal., dalam dua minggu terakhir KRI Taliwangsa BKO Guskamlatim telah menangkap dua kali kapal ikan asing. Dimana sebelumnya Kapal Siong-Siong Hai tertangkap basa diperairan Biak

Kapal ikan asing tersebut memanfaatkan kelengahan petugas apa lagi dibulan puasa seperti ini namun menurut Dan KRI Taliwangsa- pihaknya tidak pernah memberikan peluang kepada kapal-kapal asing yang nyata-nyata melakukan penangkapan ikan secara tidak sah. di perairan indonesia dan sangat merugikan negara.
Sampai saat ini kapal beserta ke 20 ABK dan barbuknya di tahan di Fasharkan Manokwari Papua guna penyidikan lanjut (Dispenarmatim)

No comments: