Friday, September 28, 2007

Iran Bangun Lokasi Nuklir Baru



PARIS (SINDO) – Iran sedang membangun lokasi pengembangan senjata nuklir bawah tanah baru yang dihubungkan dengan terowongan menuju kompleks nuklir Natanz.

Laporan itu diungkapkan kelompok oposisi utama Tehe-ran, Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI), kemarin. Menurut NCRI, mereka mendapat informasi dari sejumlah orang dalam pemerintahan Iran. Lokasi pengembangan nuklir baru tersebut terletak di bawah tanah daerah pegunungan Karkass.

”Informasi yang kami peroleh menunjukkan bahwa lokasi itu ditujukan untuk aktivitas nuklir militer, terutama untuk pengayaan uranium lebih lanjut,” papar Mehdi Abrichamtchi, juru bicara NCRI dalam konferensi pers, kemarin. Lokasi tersebut terletak di bawah tanah kawasan pegunungan Karkass yang terhubung pada dua terowongan.

”Terowongan terhubung lagi dengan terowongan ketiga menuju kompleks nuklir Natanz,sepanjang lima kilometer,” ungkap Abrichamtchi. ”Lokasi terlindung dari serangan udara. Jika Natanz dibom, lokasi nuklir baru tidak akan tersentuh. Untuk tetap menjaga kerahasiaannya, area itu ditetapkan sebagai zona militer dan pemerintah telah membeli seluruh tanah setempat,” papar Abrichamtchi.

Menurut NCRI,rencana pembangunan kompleks tersebut telah dibuat sejak dua tahun silam dan akan siap beroperasi dalam enam bulan ke depan.”Pada Juli tahun ini, Institute for Science and International Security (ISIS) yang berada di Amerika Serikat (AS) melaporkan, Iran sedang membangun fasilitas terowongan di dekat kompleks pengayaan uranium Natanz,”paparnya.

”Fasilitas terowongan di dalam gunung akan menciptakan perlindungan sempurna dari serangan udara.Fasilitas baru ini akan ideal untuk pengembangan nuklir, termasuk pabrikan sentrifugal dan pembuatan peralatan lain,”ungkap ISIS. (AFP/Rtr/syarifudin)

No comments: