Thursday, August 30, 2007

TNI AL Gandeng Swasta Kembangkan Kapal Patroli

Surabaya, TNI AL menggandeng perusahaan swasta untuk penelitian dan pengembangan rekayasa mesin kapal patroli cepat, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia dan pembangunan fasilitas galangan untuk pembangunan kapal patroli.

Kesepakatan kerjasama itu ditandatangani oleh Kasal Laksamana TNI Slamet Soebijanto dengan Direktur PT Lundin Industry Invest, Lizza Lundin di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya, Rabu.

Penandatanganan kerjasama itu tergolong istimewa karena selain pejabat teras TNI AL dan para asisten Kasal juga disaksikan oleh mantan Kasal Laksamana (Pur) M Arifin.

Kasal mengemukakan, kesepakatan itu merupakan momentum penting dalam upaya memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki kedua pihak guna meningkatkan kemampuan, kekuatan dan kesiapan alat utama sistem senjata secara maksimal dari produksi dalam negeri.

"Salah satu pembangunan kapal patroli yang akan dilaksanakan adalah kapal cepat Trimaran jenis X3K. Kapal X3K Trimaran itu memiliki panjang 40 meter, lebar 15 meter dan bobot 150 ton dengan kecepatan antara 30 hingga 40 knot," katanya.

Seusai menandatangani piagam kesepakatan, Kasal yang didampingi Laksamana (Pur) M Arifin dan pejabat lainnya meninjau flat yang selesai dibangun di kompleks Mako Koarmatim dan telah diserahkan ke Koarmatim untuk ditempati prajurit.

Flat yang dibangun lengkap dengan isinya itu diperuntukkan sebagai tempat tinggal ABK kapal perang di jajaran Koarmatim. Mereka juga meninjau flat tersebut beserta fasilitas lainnya, seperti rumah ibadah masjid yang tengah dibangun.

Sumber : Antara

Catatan Moderator :
Sebelumnya Wakil Komandan Lantamal III Kolonel (Mar) Wingky SW juga pernah meluncurkan kapal patroli cepat (PC-40) pada Juni 2007 lalu. Kapal dibuat oleh Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) Jakarta. Namun gak jelas kelanjutannya, terlebih penandatanganan MoA nya dihadiri hampir semua pejabat teras TNI-AL.

Sedikit yg gw tahu dari PT.Lundin ini, perusahaan ini sebelumnya bergerak di manufactur perlengkapan kapal. Tampaknya kerjasama dengan TNI-AL ini merupakan terobosan mereka sebagai pemain baru bidang pembuatan kapal patroli.

Nih alamatnya :
LUNDIN INDUSTRY INVEST
Jl. S. Parman no.1 Banyuwangi, Desa Alas Malang, Kec. Singjuruh. JAWA TIMUR
Telp : 62-333-633 422, 633 423 Fax : 62-333-633 104
www.ethnixteak.com / www.northseaboats.com
CEO : John Lundin, Mr.

No comments: