Wednesday, August 15, 2007

Lapan Terima Replika Satelit Shenzhou V



LEMBAGA Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) kembali menerima satu replika kapsul pesawat antariksa berawak milik China, Shenzhou V.

Alat peraga ini merupakan sumbangan China Satelite Launch and Tracking Control General. Dengan demikian, Lapan kini memiliki koleksi sebanyak 266 unit alat peraga antariksa.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kedinasan Lapan Mawardi Nur mengatakan, hibah ini akan menambah keilmuan tentang antariksa dad China. K

apsul Shenzhou V. kata dia, merupakan pesawat berawak pertama kebanggaan China. Dari pesawat ini pula, Kolonel Yang U Wei menjadi astronot China pertama yang mengorbit Bumi sebanyak 14 kali.

"Hibah ini patut disyukuri karena masyarakat Indonesia bisa memperoleh pengetahuan dan melihat langsung pesawatantariksa milik China," kata Mawardi di Jakarta, kemarin.

Shenzhou V. ungkap dia, pertama kali mengorbit bumi pada 15 Oktober 2003 dengan ketinggian 600.000 km di atas permukaan bumi. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN Igil G Prihanto mengatakan, replika ini akan menjadi koleksi yang penting bagi PPIPTEK TMII. (sofian dwi)

No comments: