Friday, July 06, 2007

Total 441 MRAP Untuk USMC



BAE Systems telah menerima pesanan pembuatan Ranpur Mine Resistant Ambush Protected (MRAP), proyek bernilai US$213,9 juta dari Korps Marinir AS ini untuk 425 unit MRAP kategori I ranpur 4x4 dan 16 kategori II 6x6. Ranpur ini nantinya akan digunakan Korps Marinir AS di Irak.

"Ranpur RG33 4X4 mempunyai tingkat keamanan lebih baik, berfungsi sebagai penyapu dan pendeteksi ranjau sekaligus angkutan personel," ungkap Raj Rajagopal, presiden BAE Systems unit Ground Systems.
Seri RG33 menawarkan survivability lebih baik, ketebalan baja dibawah ranpur dibuat lebih tebal dan kuat daripada ranpur yang digunakan sebelumnya, sehingga dapat meminimalisasi kerusakan terhadap ranjau dan bahan peledak lainnya."

Dalam pengirimannya nanti juga termasuk 16 unit MRAP kategori II 6x6 sebagai unit ambulans dan variasi tambahan lain.
Untuk RG33L MRAP ambulans selain mengakomodasi peralatan pengobatan lengkap untuk pasien juga dilengkapi sistem lift terintegrasi. Ruang yang lapang di dalam kendaraan memungkinkan petugas medik melakukan operasi dan pengobatan langsung ditempat.

"Kendaraan teraman dengan mobilitas tinggi ini memungkinkan jika ada anggota Marinir atau tentara lainnya yang terluka, dapat langsung mendapat perawatan kedokteran seketika di lingkungan pertempuran dan kami senang bahwa RG33L dipilih USMC karena tugas yang diembannya cocok untuk hal ini," kata Matt Riddle, Wheeled Vehicle Programs vice president BAE Systems.

"Ini merupakan kebanggan kami sebagai tim pembuat MRAP, dan kami berharap akan banyak jiwa yang diselamatkan dengan kendaraan ini," kata John Swift, MRAP program manajer BAE Systems.

Produksi akan dilakukan di BAE Systems York, Pennsylvania dan Aiken facility South Carolina dan fasilitas mitra utama lainnya di Lansing dan Charlotte, Michigan.

No comments: