Friday, July 27, 2007

Pakistan Sukses Ujicoba Cruise-Missile



"Rudal jelajah Babur Hatf VII, yang mampu membawa variant hulu ledak, termasuk hulu ledak nuklir, Kamis (26/7) kemarin sukses diuji coba". Demikian yang diberitakan channel berita televisi lokal yang di kutip dari sumber militer.

Inilah kali ke-dua ujicoba Babur ditahun 2007 ini. Tes pertama kali pernah dilakukan 2005 lalu. Pihak militer mengatakan mereka berhasil mengembangkan jangkauan misil dari 500 menjadi 700 kilometer (300-430 miles).

Awal tahun ini, Pakistan juga pernah melakukan uji-tembak versi terbaru rudal jarak jauh yang mampu membawa hulu ledak nuklir, yaitu Shaheen II (Hatf VI), dengan jangkauan 2,000 kilometer (1,245 miles), dan rudal Abdali (Hatf II) dengan jarak jangkau 180 kilometer (112 miles). "Semuanya merupakan bagian modernisasi program arsenal rudal", ujar jubir Militer kepada media.

Pakistan dan rival lamanya, India, sebelumnya pernah bersitegang lewat 3 kali perang yang melibatkan kedua negara sampai dengan akhir 2000 lalu, mereka (India & Pakistan) secara rutin juga telah melakukan beberapa tes rudal buatannya, bahkan di tahun 1998 keduanya pernah melakukan ujicoba nuklir bawah tanah.

Kedua negara pernah melakukan pembicaraan mengenai konflik utama mereka di Kashmir, sebuah wilayah di Himalaya yang diklaim keduanya, tetapi sejauh ini belum ada kejelasan proses penyelesaiannya.

No comments: