Thursday, July 26, 2007

Konsep Desain Kapal Perang Masa Depan US Navy (IV)




Saat ini U.S. Navy tengah membangun skala model kapal perang ringan masa depan bersenjata laser-cannon (panjang 133 feet) diberi nama Sea Jet.

Sea jet menjadi prototype awal dari konsep kapal perang masa depan US Navy, pembuatannya dilakukan untuk menguji coba kendali elektnonik kapal dan sistem propulsi terhadap hambatan air saat beroperasi.

Sea jet menggunakan mesin AWJ-21, yang di desain Rolls Royce Naval Marine corporation. Sistem jet-air pertama ini sebenarnya telah digunakan selama beberapa dekade di US Navy, tetapi mereka ingin menggantikan sistem kemudi dan propeller konvensional secara keseluruhan disini.

Tes yang rencananya akan dilakukan di danau Idaho, masih menunggu selesainya rangkaian ujicoba mesin AWJ-21.

Propulsi baling-baling sebagai pendorong laju kapal pada Sea Jet akan dihilangkan, dan sistem penggantinya menggunakan teknologi baru bernama RIMJET, yang akan segera diaplikasi dan diujicoba kemampuannya.

RIMJET merupakan baling-baling konvensional yang diletakkan di sebuah pod, yang diletakkan di luar kapal, pod-pod ini berisi motor listrik yang menggerakkan baling-baling.

Maksud dari kedua tes disini (kemudi dan propeler) adalah untuk menemukan sistem baru yang akan dipakai kapal perang yang membuatnya lebih sunyi dalam melaju dan mudah dikendalikan, khususnya di lautan.

US Navy berkeinginan proyek ini dimulai dari elektrik kapal, sehingga beberapa bulan kedepan sudah ditemukan pemecahannya. Yang terpenting adalah mengembangkan efisiensi 'laser cannon', karena memerlukan banyak kebutuhan elektrik penggunaannya nanti.

Bersambung

No comments: