Monday, July 30, 2007

Pesawat Intai Brazil : Embraer EMB-145



Industri pesawat udara Embraer dari Brazil cukup memiliki reputasi internasional dalam berbagai produknya. Dari pesawat jet sipil untuk eksekutif sampai kepada pesawat militer baik untuk misi tempur maupun misi patroli udara. Berbagai produk unggulan telah memasuki pasar internasional, antara lain pesawat peringatan dini (AEW) EMB-145A/R sampai pada pesawat pengintai perbatasan. Salah satunya adalah EMB-145 untuk program SIVAM.



Cockpit
Semua instrument di cockpit dipasang dengan lima tampilan (display), terdiri dari primary flight displays, multi-function displays dan the engine indication and crew alerting system (EICAS) dengan multi-reversionary capabilities..

Sistem avionik, termasuk di dalamnya TCAS (Traffic Alerting and Collision Avoidance), ground proximity warning system (GPWS) dan deteksi arah angin. Dua buah Digital Air Data Computer yang menunjukkan ketinggian dan arah tujuan (AHRS).

Pilot juga dilengkapi dengan head-up display (HUD) partikulir sebagai pemandu pendaratan. Pesawat juga dilengkapi dua radio altimeter dan instrument landing system (ILS). Ditambah dual integrated computer controls the autopilot flight director (APFD), windshear detector dan EICAS.

Program SIVAM
Program SIVAM (Sistema de Vigilancia de Amazonia) didesain untuk memonitor seluruh kawasan Amazon, dimana wilayahnya jauh lebih besar dibanding Eropa Barat. Dari 8 pesawat, 5 unit digunakan sebagai surveillance (EMB-145S/R Surveillance/Reconnaissance) dan 3 unit (EMB-145AEW&C) untuk tugas koordinasi pengintaian udara. Pesawat dioperasikan dibawah kendali FAB dari Annapolis air force base.



Pesawat EMB-145S/R
Pesawat EMB-145S/R (surveillance/Reconnaissance) merupakan pesawat patroli yang dilengkapi dengan berbagai peralatan sensor. Seperti : synthetic aperture radar, forward-looking infra-red/television (FLIR/TV), multi-spectral scanner, COMINT communications intelligence suite, ELINT electronics intelligence system dan on-board recording and processing system. Pesawat juga kapabel dalam menyediakan informasi pemetaan secara updated dan gambaran area secara real-time.

EMB-145AEW&C
EMB-145AEW&C merupakan derivatif dari pesawat ERJ 145 (Regional Jetliner), yang dimodifikasi dengan integrasi radar AEW dan sistem misi. Kerangka pesawat diperkuat, diberi peralatan navigasi model mutakhir, perangkat komunikasi termasuk data-link, dan APU (Auxiliary Power Unit). Kapasitas tanki bahan bakar diperbesar dan dilakukan revisi pada lauout interiornya.

Dilengkapi dengan multi-mode active phased-array AEW radar dengan kemampuan Kodal yang sangat baik. Dilengkapi dengan ESM, self-protection dan sarana komunikasi yang termasuk data-link.

Perangkat misi utama berupa radar ERIEYE dari Erocsson berupa actite phased-array pulse-Doppler radar serta sistem Kodal yang berada didalam pesawat. Perangkat electronic surveillance untuk memonitor aktivitas komunikasi dan non-komunikasi juga terintegrasi dalam sistem. Awak pesawat terdiri dari pilot-copilot, lima operator peralatan misi dan lebih dari tiga awak cadangan.



EMB 145 AEW&C saat ini dioperasikan oleh AU Brazil untuk kegiatan koordinasi pengintaian udara. Selain itu juga sudah masuk dalam jajaran angkatan bersenjata Yunani dan Mexico.

Spesifikasi :
Panjang pesawat: 14,44 meter
Tinggi keseluruhan: 6,75 meter
Bentang sayap: 20,4 meter
Bentang ekor: 7,55 meter
Diameter fuselage: 2,28 meter
Mesin: dua unit turbofan Allison AE3007A1 (single fan stage, bpr 5:1)
Daya dorong maksimum: 7.426 lb (33kN) sea level/static.
Dual redundant full-authority digital engine control (FADEC) tanpa back-up mekanikal.

Gambar bawah : Lingkaran dalam merepresentasikan area jangkauan EBM, dan lingkaran luar adalah jangkauan missil SCALP yang ditempatkan di Hellenic Airforce, senjata buatan Perancis ini dibuat agar terintergrasi dengan perangkat elektronik Hellenic di Mirage 2000 MK2.



Sumber : Militerium, Greek Military

No comments: