Tuesday, July 31, 2007

Dubes RI Akui Sebagian Publik Australia Masih Anggap Indonesia Ancaman Secara Militer

Canberra,--RoL-- Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu, TM Hamzah Thayeb, mengakui bahwa masih ada mispersepsi di kalangan publik Australia bahwa Indonesia merupakan ancaman secara militer bagi keamanan negaranya.

Namun, mispersepsi yang masih dianut sebagian anggota masyarakat Australia itu merupakan tantangan yang terus dijawab KBRI, dan pengajaran bahasa serta pengenalan budaya Indonesia digunakan untuk menjembatani masalah ini, katanya di depan anggota delegasi Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kawasan timur Indonesia yang berkunjung ke KBRI Canberra, Selasa.

Dubes Hamzah Thayeb mengatakan, mispersepsi tersebut hanya ada di tingkat masyarakat, seperti halnya adanya kesalahpahaman sebagian masyarakat Indonesia tentang Australia, namun Pemerintah Australia yang mengetahui benar kekuatan militer masing-masing negara tidak menganggap Indonesia ancaman bagi mereka secara militer.

Masih adanya persepsi yang keliru tentang Indonesia di kalangan publik Australia itu sebenarnya sudah pernah diungkap oleh hasil survei The Lowy Institute di Sydney tahun lalu. "Namun kita terus 'meng-address' (menangani) masalah ini,"katanya.

Berita selengkapnya

No comments: