Monday, January 16, 2012

Dua Jet Tempur Sukhoi Tiba Tahun Ini


Sukhoi Su-27SKM TNI AU (Foto: DETIK)

JAKARTA - Dua jet tempur Sukhoi Su-30 MK2 dijadwalkan tiba dari Rusia tahun 2012 ini. Keduanya merupakan bagian dari pembelian enam Sukhoi yang sudah ditandatangani kontrak pembeliannya antara Kementerian Pertahanan RI dan Rosoboronexport.

Serah-terima dilakukan bertahap mulai tahun ini sampai dengan 2014. "Tahun 2012 rencananya akan didatangkan dua pesawat, selanjutnya tahun 2013 dua pesawat, dan tahun 2014 dua pesawat lagi," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Imam Sufaat, Senin (16/1).

Enam unit Su-30MK2 ini dimaksudkan untuk melengkapi satu skuadron Sukhoi tempur TNI AU. Saat ini TNI AU sudah diperkuat 10 unit jet tempur Sukhoi, enam Sukhoi Su-27SKM dan empat Sukhoi Su-30MK2. Satu skuadron Sukhoi ini bakal bermarkas di Pangkalan Udara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan penambahan Sukhoi ini memang merupakan bagian dari rencana pembangunan kekuatan TNI. Dijelaskan, penambahan tidak hanya dilakukan dengan memanfaatkan produksi luar negeri. "Kami juga tetap mempercayakan industri dalam negeri. Salah satunya adalah kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia,” katanya.

PT DI kini tengah merampungkan helikopter jenis Bell 412 dan Puma untuk TNI AD dan TNI AU. Selain itu PT DI juga tengah menyelesaikan sembilan unit pesawat CN-295 bersama produsen pesawat Airbus Military yang berbasis di Spanyol.

Sumber : TEMPO.COM

1 comment:

Unknown said...

Nice info mas,,,,
Sekalian kunjungi jga blog ane,
Http://enr-news.blogspot.com