Sunday, May 29, 2011

Pembelian Kapal Selam Tahun ini di Realisasi

JAKARTA - Pemerintah memastikan rencana pembelian kapal selam tahun ini. Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya Susilo, mengatakan setidaknya ada dua unit kapal selam yang akan dibeli. "Tahun ini kami harapkan bisa direalisasi," katanya kepada Tempo di Jakarta, Jum'at (27/5).

Susilo mengatakan kementerian sedang memproses tawaran pembelian kapal selam dari beberapa negara. Meski demikian, ia tidak menyebutkan kapal selam buatan negara mana yang akan dipilih. Meski kesepakatan pembelian dilakukan tahun ini, dua kapal selam itu baru selesai dibangun lima tahun mendatang.

"Tawarannya banyak. Kami umumkan spesifikasi yang kami butuhkan seperti apa dan mereka yang mengajukan penawaran," katanya. Kebutuhan kapal selam untuk TNI AL sebenarnya lebih banyak. Saat ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam.kick me!!

Akan tetapi, Susilo mengatakan pembeliannya menyesuaikan ketersediaan anggaran. Ini karena harga kapal selam yang sangat mahal. Ia mencontohkan kapal selam jenis Scorpene yang dibeli Malaysia dari Prancis harganya mencapai €550 juta atau lebih dari US$700 juta.

Sumber : TEMPOINTERAKTIF.COM

4 comments:

Anonymous said...

Bukannya sudah kelihatan ya, kalau minat TNI AL ke kelas KILO dari rusia? masih mau di putuskan spesifikasi kebutuhan apa lagi?

Maksudnya kebutuhan TNI AL? apa kebutuhan DPR? apa kebutuhan para broker alutsista Korea Selatan?

Anonymous said...

kalau di lihat dari pertama waktu jamannya kasalnya tahun 2007 pernah saya membaca bahwa tni al akan membeli sekitar 24 buah sampai tahun 2024 saya setuju kalau dalam 1 thn 2 buah untuk menjaga kedaulatan nkri

mangcek said...

kilo class yg bagus kalau yg pake SAM...yg lain2nya biasa2 saja, sedangkan dari segi kemampuan patroli, kedalaman menyelam...KS Type 214(jerman) jauh lebih unggul.

mangcek said...

dari segi harga, kilo class rusia ok...apalagi jika kilo class tsb yg dilengkapi SAM...tp dari sgi daya jelajah, lama misi, kedalaman menyelam, KS Type 214 Jerman lebih unggul...lagian kita sdh pengalaman make KS buatan jerman type 209 yg kita punyai saat ini