Thursday, April 21, 2011

Enam Senjata Strategis TNI AL Sukses di Ujicoba

BENGKULU - TNI Angkatan Laut sukses melakukan uji coba enam senjata strategis di Samudera Hindia atau sebelah barat Selat Sunda, Rabu (20/4).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI, Laksamana Muda Iskandar Sitompul, mengatakan, uji coba beberapa senjata strategis itu merupakan upaya TNI menjaga kedaulatan dan tegaknya NKRI. "TNI AL sebagai salah satu pertahanan negara dituntut berperan aktif dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara," katanya.

Enam senjata strategis tersebut diantaranya : rudal Yakhont, Exocet MM-40, Torpedo SUT, Mistral, Seacat dan RBU 6000. Rudal Yakhont ditembakkan dari Fregat Van Speijk class KRI Oswald Siahaan-354 sukses ditembak menuju sasaran yang berjarak 250Km yakni eks kapal perang KRI Teluk Bayur-502. Rudal Yakhont yang ditembakkan merupakan salah satu dari empat rudal yang dibawa KRI Oswald Siahaan-354.

Sedangkan, rudal Exocet MM-40 dan rudal penangkis serangan udara Mistral ditembakkan dari Korvet Sigma class KRI Hassanuddin-366 dan torpedo SUT ditembakkan dari kapal selam kelas 209 KRI Cakra-402. Untuk rudal anti pesawat Seacat ditembakkan dari KRI Karel Satsuit Tubun-358 dan KRI Oswald Siahaan-354. Roket anti-sub-mortar RBU 6000 ditembakkan dari Korvet Parchim class KRI Cut Nyak Dien-375.

"Kapal yang menjadi sasaran telah berhasil dihancurkan dan tenggelam," ungkap Kapuspen. Diungkapkan alasan dibelinya rudal Yakhont dari Rusia, karena berdasarkan kajian rudal Yakhont ini memenuhi standar geografi di Indonesia. "Beberapa rudal sudah kita beli," katanya yang enggan menyebutkan jumlah rudal yang dibeli.



Suasana di Pusat Informasi Tempur, sesaat sebelum dan sesudah peluncuran rudal dan luapan kegembiraan awak kapal saat rudal Yakhont berhasil mengenai sasaran di Samudra Hindia.

Komandan Gugus Tugas Senjata Strategis TNI AL, Laksamana Pertama TNI Sulaeman Banjarnahor, mengatakan, dalam uji tembak tersebut rudal Yakhont hanya membutuhkan waktu sekitar enam menit mencapai sasaran. Sulaeman mengatakan, TNI AL melibatkan sekitar 19 kapal perang dan empat unit helikopter untuk melakukan uji coba itu.

Menurut dia, rudal Yakhont sebenarnya sudah dimiliki sejak tahun 2007, namun TNI AL baru bisa melakukan uji coba kali ini karena untuk mengintegrasikan sistem kapal dengan rudal membutuhkan waktu yang lama.

Rombongan VIP Batal Menyaksikan

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dan tiga kepala staf angkatan serta sejumlah anggota DPR dari Komisi I batal menyaksikan uji coba enam senjata strategis di Samudera Hindia atau sebelah barat Selat Sunda.

Rencananya rombongan VIP yang di angkut menggunakan dua helikopter ini bakal mendarat di Helipad KRI Surabaya-591 yang telah disiapkan sejak Rabu pagi, namun hingga pukul 10.40 WIB yang bersamaan dengan proses peluncuran rudal rombongan VIP tak kunjung datang.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI Laksamana Muda TNI, Iskandar Sitompul, membenarkan ketidakhadiran para petinggi TNI tersebut. "Kedatangan pejabat dan petinggi TNI sudah direncanakan dengan baik, helikopter yang membawanya dari Jakarta sebenarnya sudah setengah perjalanan menuju Samudera Hindia, namun karena cuaca buruk rombongan akhirnya kembali lagi ke Jakarta," katanya. Rombongan VIP tersebut terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Sumber : ANTARA

4 comments:

Anonymous said...

Bravo.... congratulation to TNI AL, PT PAL INDONESIA and NPO Russian.

Anonymous said...

knapa di ruang comand centre kri ada masuk orang barat?bukankah seharusnya ini menjadi rahasia peralatan tni?apa mungkin tni tdk bisa operasikan peluncuran rudal sehingga ada campur tangan asing?jika bnar ini sangat memalukan skali.

Das Vernichtung said...

based on ur words, it seems that u'r malay.. haha, that's our russian friend, malay. :) pengembangan & ujicoba yakhont dikawasan asteng dipercayakan ke kami,, that's why mereka ikut menyaksikan ketika TNI-AL nyoba tuh rudal.. opkors lah ada ruskiy disitu,, skalian tukar pengalaman,, hahaa

Anonymous said...

DPRt PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL MENGUSULKAN KE SAUDARAKU MENHAN,PANGLIMA TNI,PIMP.FRAKSI PAN DPR RI...Agar TNI.AU/AL kita dapat menambah rudal jenis BRAHMOS,atau juga SHAHAB 1,2 dan 3.Bisa jadi TNI.AU/AL juga memiliki rudal S.300 dan rudal S.400 rusia.mengingat begitu banyaknya BLACKFLIGHT di wil.INDONESIA TIMUR/SKANUD KUPANG.