Friday, March 11, 2011

Dubes Korea Selatan Mantapkan Kerjasama Pertahanan

JAKARTA - Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan (Korsel), khususnya dalam bidang pertahanan, saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan, demikian diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro saat menerima Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Ho Young, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Kamis (10/3).

Kunjungan Dubes Korea Selatan kali ini dimaksudkan untuk menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, khususnya jajaran Kemhan, yang telah mendukung penuh kerjasama bilateral kedua negara terutama selama dirinya bertugas di Indonesia. Selanjutnya Kim Ho Young akan kembali ke Korsel.

Sejak bertugas di Jakarta pada Juli 2008 lalu, dubes Korea mampu menjadi kepanjangan tangan bagi hubungan kerjasama pertahanan Indonesia-Korsel semakin meningkat. Hal itu ditandai dengan kerjasama pengadaan Alutsista kedua negara diantaranya, Pengadaan kapal Landing Platform Dock (LPD), di Galangan Kapal Daesun Korea, pengadaan Pesawat Patroli Maritim CN-235 produksi PT Dirgantara Indonesia dan juga kegiatan hibah kendaraan panser asal Korsel LVT-7A kepada Pasukan Marinir TNI AL.

Lebih dari itu, Kim Ho Young juga memberikan dukungan penuh bagi rencana produksi bersama pesawat tempur generasi baru Indonesia-Korsel, KF-X.

Menhan pada kesempatan tersebut juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama Dubes Korsel selama bertugas di Indonesia dan mengharapkan kerjasama ke depan dengan pemerintahan Korsel lebih meningkat lagi.

Sebelumnya Dubes Korsel Kim Ho Young juga menyempatkan berpamitan dengan Wakil Menhan, Sjafrie Sjamsoeddin, di Ruang Tamu Wamenhan. Senada yang disampaikan Menhan, Wamenhan mengatakan kerja sama dengan pemerintahan Indonesia dan Korsel dalam bidang militer dan pertahanan saat ini sangat baik, namun demikian ke depan diharapkan Korsel dapat sebagai referensi dalam bidang lain selain militer dan pertahanan.

Sumber : DMC

No comments: