Tuesday, December 07, 2010

TNI Bentuk Tim Peninjau Teknis Hibah F-16



KUTAI TIMUR - Panglima TNI membentuk tim peninjauan teknis untuk mengkaji hibah pesawat F-16A/B dari Amerika Serikat (AS). Panglima berharap hibah 24 unit pesawat tempur ini dapat menambah kekuatan pertahanan udara.

Rencana pembentukan tim peninjauan teknis pesawat tempur F-16A/B ini merupakan rangkaian pertimbangan atas hibah Amerika Serikat kepada Indonesia. Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengaku TNI masih mempertimbangkan tawaran hibah AS.

"Prinsipnya, kami sedang mempelajari. Tim dari TNI sudah kami persiapkan. Dan akan dilanjutkan dengan peninjauan.," ujarnya usai melakukan peninjauan latihan perang Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Siaga Kilat. XXVII Tahun 2010 di Kutai Timur, Senin, (6/12).

Ia menyatakan TNI sudah melakukan diskusi untuk menimbang tawaran dari negara adi daya ini. TNI-AU terlibat langsung dalam rangkaian pertimbangan. Peninjauan teknis merupakan tindak lanjut atas diskusi ini.

Panglima TNI menginginkan pertimbangan ini diselesaikan secepatnya. Hasil pengkajian atas hibah ini akan menentukan pertahanan negara. Ia ingin hibah ini dapat menambah kekuatan tempur udara.

"Kalau kami, ingin cepat selesai kemudian kekuatan tempur udara akan lebih banyak," tuturnya.

Namun langkah untuk mengambil keputusan masih panjang. Hasil pengkajian masih harus dikomunikasikan dengan pemegang keputusan. "Apakah itu DPR dan yang lain. Jadi masih perlu waktu," lanjutnya.

Sumber : MEDIA_INDONESIA.COM

No comments: