Tuesday, December 14, 2010

Presiden Minta TNI-Polri Berdayakan Industri Alutsista Dalam Negeri

SURABAYA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kepada para petinggi TNI dan Polri agar tidak cepat memutuskan untuk melakukan pembelian Alutsista dari luar negeri. Menurut Presiden SBY industri dalam negeri mampu membuat alutsista.

Hal ini diungkapkan presiden ketika memberikan kuliah umum dengan tema 'Akselerasi Inovasi Teknologi Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Ekonomi Nasional' di Grha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Jalan Kampus ITS Sukolilo, Surabaya, Selasa (14/12).

"Saya minta kepada para jenderal, laksamana dan marsekal jangan cepat membeli persenjataan kalau di dalam negeri kita bisa membuatnya sendiri," ujar SBY yang langsung disambut tepuk tangan peserta.

Meski begitu SBY masih memperbolehkan para jenderal TNI-Polri membeli alutsista yang masih belum bisa diproduksi dalam negeri. "Kalau kapal selam, pesawat tempur tidak apa-apa karena kita masih belum mampu," ungkapnya.

SBY berharap, tidak hanya membeli alutsista dari luar negeri. Namun yang harus dilakukan yakni melakukan kerjasama pembuatan alutsista. Dengan harapan ke depan dapat memproduksinya sendiri.

"Sekarang kita sudah mulai ada coorporate agreement dengan negara penghasil alusista agar kita bisa menciptakan. Dan memang hal itu yang harus dilakukan," tandasnya.

Sumber : DETIK_SURABAYA.COM

No comments: