Thursday, December 09, 2010

Menhan RI dan Singapura Tinjau Latma Elang Indopura



DENPASAR - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiatoro bersama dengan Menteri Pertahanan Singapura H. E. Teo Chee Hean yang juga merangkap sebagai Deputi Perdana Menteri Singapura melakukan peninjauan Latihan Bersama (Latma) antara TNI Angkatan Udara dengan Royal Singapore Air Force (RSAF), Rabu (8/12) di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Latma dengan sandi “Elang Indopura 16/10” tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mempererat hubungan kedua negara. Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para penerbang tempur dalam melaksanakan operasi udara dan kerjasama udara kedua negara khususnya Angkatan Udara.

Latma Elang Indopura yang dilaksanakan dua tahunan tersebut adalah Latma ke-16 yang juga menandai 30 tahun dari Latma Angkatan Udara kedua negara yang dimulai sejak tahun 1980. Latihan tahun ini melibatkan lebih dari 350 personil dan 13 pesawat kedua Angkatan Udara antara lain F-16 dan Sukhoi dari Indonesia, sedangkan Singapura menurunkan pesawat F-16, F-5 dan F-15SG.

Latma dilakukan dalam dua tahap: Command Post Exercise diselenggarakan dari 20-21 Oktober 2010 di Komando Changi dan Pusat Pengendalian di Singapura, dan Latihan Manuver Udara dari 26 November - 10 Desember 2010 di Pangkalan Udara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Sumber : DMC

No comments: