Friday, November 05, 2010

Presiden Minta TNI Siapkan Brigade Khusus

JAKARTA - Presiden SBY meminta TNI menyiapkan brigade khusus untuk menanggulangi bencana Merapi yang semakin menyebar luas. Brigade ini terdiri dari beraneka jenis batalyon tugas, di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Polri pun diminta membantu.

"Untuk mengerahkan satu brigade plus penanggulangan bencana," kata Presiden SBY di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (5/11).

Brigade ini antara lain ada batalyon kesehatan, zeni konstruksi dan zeni angkutan. SBY juga meminta dikirimkan lebih dari satu batalyon infantri dan marinir untuk penanggulangan bencana.

"Brigade ini harus membikin fasilitas-fasilitas, rumah sakit lapangan, dan mengaktifkan kembali semua rumah sakit di sekitar itu, baik sipil dan militer," jelasnya.

Brigade ini juga diminta segera membangun dapur-dapur umum. Tujuannya untuk membantu meringankan beban pengungsi. Brigade ini pun harus berada di bawah satu komando BNPB.

"Brigade ini di bawah BNPB, supaya jalurnya tidak panjang," jelas SBY.

Selain TNI, Polri juga diminta bersiaga. SBY meminta Polri mengerahkan satuan untuk membantu pengamanan orang perorang pengungsi maupun kelompok, serta rumah-rumah yang ditinggalkan pengungsi. Satlak ini pun harus berada di bawah komando BNPB.

Sumber : DETIKNEWS.COM

No comments: