Monday, September 06, 2010

Presiden Ajukan Laksamana Agus Suhartono Sebagai Calon Panglima TNI

JAKARTA - Teka-teki siapa calon Panglima TNI pilihan Presiden SBY akhirnya terjawab sudah. Presiden mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Agus Suhartono sebagai calon panglima TNI.

"Kami pimpinan dewan baru menerima surat dari Presiden tertanggal 3 September 2010. Presiden mengajukan Laksamana TNI Agus Suhartono yang saat ini bertugas sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut menjadi Panglima TNI," ujar Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/9).

Sesuai UU TNI, Presiden mengajukan calon tunggal Panglima TNI kepada DPR untuk kemudian diuji kelayakan dan kepatutan. DPR akan menguji calon tersebut usai hari raya Lebaran.

Priyo menuturkan, DPR akan memberikan jawaban surat Presiden tersebut setelah dua puluh hari kerja. DPR akan membawa permintaan Presiden dalam surat resmi tersebut ke rapat Paripurna DPR.

"Sekarang akan dibahas, tanggal 21 September akan diumumkan dalam Komisi I DPR dan besoknya kita bahas rapat Bamus dengan pimpinan fraksi untuk diambil keputusan dalam rapat Paripurna," terang Priyo.

Priyo menilai Agus cukup kompeten menjadi Panglima TNI. Namun Priyo meyakini akan tetap ada proses demokrasi dalam pengambilan keputusan persetujuan pengangkatan Agus menjadi Panglima TNI.

"Figur Kepala Staf TNI AL sudah mumpuni, tapi dugaan kita akan diambil keputusan dalam bentuk voting dan ingin disetujui musyawarah untuk mufakat," tutupnya.

Sumber : DETIKNEWS.COM

No comments: