Thursday, July 22, 2010

Normalisasi Hubungan Kopassus Dengan AS



JAKARTA - Amerika Serikat (AS) memberikan sinyal positif untuk menormalisasi hubungan dengan pasukan khusus TNI (Kopassus). Dalam waktu dekat, AS siap melakukan kerjasama pelatihan militer dengan pasukan elit TNI ini.

"Secretary Gates sudah bilang kerjasama pelatihan akan dimulai secara bertahap terbatas," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro dalam jumpa pers usai bertemu secara tertutup selama 30 menit dengan Menhan AS Robert Gates di Kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (22/7).

Namun kapan kerjasama pelatihan militer itu dimulai, Purnomo belum bisa menjelaskannya. Tetapi dari kedua negara sudah mencapai pembicaraan teknis mengenai pelatihan.

"Kita sudah bicarakan vocal point. Artinya kita tidak terburu-buru tetapi secara bertahap akan memulainya," paparnya.

Terkait soal isu pelanggaran HAM yang selama ini menjadi pengahalang kerjasama pelatihan Kopassus dengan militer AS, menurut Purnomo hal itu sudah tidak lagi menjadi masalah bagi AS.

Hal ini pun ditegaskan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso yang juga ikut dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, soal isu pelanggaran HAM itu sudah selesai bagi kedua negara karena AS sudah melihat sendiri bagaimana militer Indonesia sudah melakukan reformasi internal.

"Soal isu pelanggaran HAM itu bagi TNI sudah selesai," tegasnya.

Sumber : DETIK.COM

No comments: