Tuesday, March 09, 2010

Patroli Polri di Selat Malaka Ditingkatkan

TANJUNGPINANG - Kepala Polisi Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri) Brigjen Pudji Hartanto mengatakan, patroli pengamanan di selat Malaka tetap ditingkatkan untuk mengantisipasi ancaman gangguan keamanan.

"Patroli keamanan di selat Malaka selalu ditingkatkan guna mengantisipasi gangguan keamanan dijalur perdagangan itu," katanya seusai menghadiri serah terima jabatan Danlantamal IV Tanjungpinang di Tanjungpinang, Kepri, Senin (8/3).

Ia mengatakan, saat ini ada satu unit kapal patroli yang diperbantukan dari Mabes Polri yang beranggotakan sebanyak 30 personel satu kesatuan unit untuk menjaga dan mengantisipasi keamanan di Selat Malaka.

Menurut dia, adanya dugaan teroris yang akan melakukan perompakan di Selat Malaka belum bisa dibuktikan dan masih dalam dugaan. "Kalau ada informasi yang menyebutkan adanya indikasi ke arah itu sangat bagus, dengan begitu kami bisa bergerak untuk mencegah jangan sampai terjadi," katanya.

Kapolda mengatakan, kemungkinan-kemungkinan gangguan keamanan seperti perompakan di Selat Malaka bisa saja terjadi, karena di sana merupakan jalur perdagangan yang sangat ramai dan sibuk. "Bisa jadi mereka menumpang kapal dan menjadi perompak, namun saya kurang setuju jika dikatakan ada teroris yang merompak kapal dengan tujuan untuk teror, karena setelah merompak mereka akan menjual hasil rompakannya kemana?," katanya.

Ia berharap dengan adanya patroli keamanan di laut yang sudah dilaksanakan saat ini, bisa meningkatkan keamanan dijalur ekonomi yang padat tersebut.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: