Thursday, March 11, 2010

Passus TNI, Polri Gelar Latihan Gabungan Antiteror

JAKARTA - TNI dan Polri kembali menggelar latihan gabungan untuk penanggulangan aksi teror pada tahun 2010. Latihan akan diselenggarakan selama tiga hari pada 11-13 Maret 2010 di Jakarta dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Marsda Sagom Tamboen dalam rilis yang disampaikan kepada Media Indonesia di Jakarta, Rabu (10/3). "Latihan bersama ini merupakan latihan yang kedua kalinya dengan sandi "Waspada Nusa II"," ujar Kapuspen.

Latihan Kesiapsiagaan dan Ketanggapsegeraan TNI-Polri Tahun 2010 diselenggarakan sebagai implementasi strategi penanggulangan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan teroris yang ingin mengganggu stabilitas keamanan negara. Selain itu, sambung dia, latihan juga ditujukan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan Pasukan Khusus Penanggulangan Teror TNI-Polri menyelenggarakan operasi bersama dalam rangka menanggulangi serangan teroris.

Selain itu, latihan juga untuk menguji alat peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam melaksanakan operasi penanggulangan teror melalui proses perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran operasi yang dilaksanakan secara terpadu. Diharapkan pula, melalui latihan itu akan terwujud pemahaman anggota TNI-Polri terhadap penegakkan hukum dan HAM dalam penanggulangan teror.

"Satuan TNI yang melaksanakan latihan adalah pasukan elite dari masing-masing matra, seperti : Satuan 81 (Sat-81) Gultor/Kopassus, Detasemen Jala Mangkara (Den Jaka), Kopaska, Detasemen Bravo, dari Polri adalah Detasemen Khusus 88," pungkasnya.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: