Wednesday, January 06, 2010

Menhan: Eksplorasi Kapal AS "Okeanos" Tetap Diawasi

JAKARTA - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, eksplorasi yang akan dilakukan kapal riset Amerika Serikat (AS) "Okeanos" di Laut Sulawesi tetap akan "diawasi" dengan menempatkan satu perwakilan pemerintah di kapal riset termodern itu.

"Ya itu, masalah kedaulatan tetap kita kedepankan dalam setiap kerja sama, termasuk dengan keberadaan "Okeanos"," katanya, kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (6/1).

Ia mengatakan, "Okeanos" akan melakukan eksplorasi di perairan utara Sulawesi mulai Juni 2010.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memberikan persetujuan untuk masuknya "Okeanos" melakukan penelitian di perairan Indonesia.

Penelitian dalam bentuk "joint Exploration" ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama dua negara tentang riset, teknologi dan aplikasi di bidang kelautan dan perikanan pada 18 September 2007.

Namun, keberadaan "Okeanos" dengan kegiatan risetnya di Laut Sulawesi tetap akan dikaji dalam berbagai aspek termasuk masalah pertahanan dan kedaulatan.

"Terkait itu, maka kita akan taruh perwakilan kita di kapal tersebut, selama berada di Indonesia meski kerja sama yang dijalin adalah antara pemerintah AS dengan BPPT dan Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP)," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments: