Wednesday, December 16, 2009

Anggaran Alutsista TNI AU Naik Rp 1,3 Triliun

MAKASSAR - Anggaran Alutsista TNI AU tahun 2010 bakal naik Rp 1,3 triliun. Diharapkan dengan adanya kenaikan anggaran ini, dapat mewujudkan target zero accident dan sistem pertahanan yang modern di TNI AU.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya, Imam Sufaat, kepada wartawan saat meninjau Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (16/12).

"Pemerintah menaikkan Alutsista TNI AU dari sebelumnya Rp 3,3 triliun menjadi Rp 4,6 triliun untuk tahun 2010," kata Imam.

Menurut Imam, kenaikan anggaran tersebut untuk membiayai penggantian dan perawatan pesawat milik TNI AU. Termasuk untuk membayar gaji personel sebesar Rp 1,7 triliun, dan pembelian sparepart pesawat Rp 550 miliar.

TNI AU juga berencana menambah 4 atau 5 pesawat pesawat angkut jenis Hercules tahun 2010 nanti. "Di Indonesia kan sering terjadi bencana alam, kita tidak mau malu dengan pihak asing yang datang membantu dan pesawat kita kurang," pungkas Imam.

Dalam kunjungannya itu, KSAU juga memeriksa kekuatan pertahanan udara dan pangkalan operasi utama di Tarakan, Makassar. Termasuk pula memeriksa kekuatan pasukan TNI AU.

Sumber : DETIK.COM

No comments: