Wednesday, November 04, 2009

Indonesia-Singapura Latihan Bersama Patroli Maritim

BALIKPAPAN - Pihak TNI AU dengan angkatan udara Singapura, RSAF (Republik Of Singapore Air Force) dijawalkan melakukan latihan bersama pesawat intai pada 4-6 November 2009 di kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

"Latihan bersama pesawat intai ini untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura," kata Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Sepinggan Balikpapan, Letkol (P) Pandu Purnama di Balikpapan, Selasa (3/11).

Latihan bersama tersebut sudah dilaksanakan untuk ke-17 kalinya, dan biasanya dipusatkan di kepulauan Natuna namun baru pertama kali di Balikpapan.

Pandu mengatakan bahwa alasan Lanud Sepinggan dijadikan pusat mangkalnya seluruh pesawat intai kedua negara yang melaksanakan latihan bersama.

"Tujuan dari latihan bersama sebagai patroli maritim untuk melakukan intai strategis dan menunjukan profesional para crew pesawat intai dua negara," tambahnya.

TNI AU menurunkan 61 personel, sementara dari RSAF sebanyak 47 personel dengan sandi "Camar Indopura" yang dipimpin langsung Wakil Assisten Operasi Kasau, Marsekal Pertama TNI Ign Basuki.

Pesawat TNI AU yang digunakan satu unit CN-235MPA dari Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin dan satu unit CN-235/F27 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma.
Pesawat intai maritim CN-235MPA ini merupakan aset terbaru milik Skadron Intai TNI AU.

Sumber : ANTARA

No comments: