Friday, October 23, 2009

Panglima TNI Yakin Kerja Sama dengan Dephan makin Baik

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso berharap kerja sama TNI dengan Departemen Pertahanan di bawah kepemimpinan Purnomo Yusgiantoro akan semakin baik.

"Kami berharap apa yang selama ini sudah berjalan baik dapat terus ditingkatkan," katanya di Jakarta, Jumat (23/10). Kerja sama yang baik antara Departemen Pertahanan dengan TNI sangat penting, terutama dalam merumuskan berbagai kebijakan sistem pertahanan nasional.

Purnomo Yusgiantoro, sejak Kamis (22/10), resmi menjabat sebagai Menteri Pertahanan menggantikan Juwono Sudarsono. Dalam program 100 harinya, Purnomo, yang sebelumnya menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menjanjikan pengelolaan anggara pertahanan seefektif dan seefisien mungkin. "Anggaran pertahanan yang ada cukup besar. Namun, ini masih harus dibagikan ke seluruh satuan kerja yang ada di Departemen Pertahanan, Mabes TNI, dan mabes ketiga angkatan," katanya.

Jadi, perlu pengelolaan yang efektif dan efisien agar kebocoran anggaran dapat makin ditekan. "Selama ini, tingkat kebocoran anggaran di Departemen Pertahanan sudah menurun siginifikan. Ini yang akan kami intensifkan," kata Purnomo.

Selain pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien, Purnomo juga berjanji untuk memperhatikan tingkat kesejahteraan prajurit dan kenaikkan anggaran bagi pertahanan. "Itu pasti, tetapi bertahap. Dan kami juga akan memfokuksan pemberdayaan industri pertahanan dalam negeri," katanya.

Industri pertahanan dalam negeri juga harus sudah mulai meningkatkan orientasi ekspornya. "Sekarang ini sudah, namun itu harus lebih ditingkatkan lagi," ujar Purnomo. Belasan tahun lalu, Purnomo pernah menjadi Wakil Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional atau Lemhanas, sehingga kehadirannya di Departemen Pertahanan yang menangani masalah pertahanan dan militer bukan merupakan hal yang asing baginya.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: