Monday, October 12, 2009

KRI Diponegoro-365 Kembali Bertugas di MTF UNIFIL

LEBANON - Setelah mengalami perbaikan selama sekitar tiga pekan di Galangan Kapal Hellenic-Skaramanga, Yunani, salah satu unsur TNI AL untuk Maritime Task Force (MTF) UNIFIL KRI Diponegoro-365 kembali bergabung bersama unsur-unsur lain di daerah operasi (Area Of Maritime Operations/AMO) Lebanon.

Kapal satu-satunya non-NATO ini hampir merampungkan tugasnya sebagai pasukan perdamaian (selama 6 bulan) memang sempat tidak dapat melaksanakan tugasnya di AMO bersama unsur-unsur lainnya akibat kerusakan teknis pada as propelernya.

Perbaikan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengadakan perbaikan yang dilakukan oleh teknisi-teknisi Yunani termasuk dengan mendatangkan teknisi dari negara pembuatnya (Belanda).

Sejak kembali memasuki daerah operasi terhitung pukul 11 malam tanggal 5 Oktober 2009 lalu, KRI Diponegoro yang diKomandani Letkol Laut (P) Arsyad Abdullah melaksanakan hailing terhadap empat kapal kargo dan tanker.

Dengan demikian, jumlah keseluruhan kapal yang telah di-hail selama hampir enam bulan bertugas di AMO adalah sebanyak 591 kapal.

Sementara unsur-unsur yang masih tergabung sampai saat ini adalah kapal perang Jerman : FGS S77 Dachs, FGS S73 Hermelin, FGS Rhein dan sebagai kapal markas adalah FGS Schlewig-Holstein menggantikan kapal perang Itali Scirocco dengan commander task force RADM Juergen Mannhardt.

Unsur-unsur lain adalah kapal perang Italia (ITS Aviere), TCG Beykos (Turki) dan KRI Diponegoro-365. Ke depan masih akan bergabung dua kapal lagi dari Yunani yaitu HS Starakis dan HS Nikiforos.

Sumber : PUSPEN TNI

No comments: