Tuesday, September 01, 2009

TNI AL Tambah 56 Pasukan Elit

SURABAYA - Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) telah berhasil menggembleng 14 prajurit Pasukan Katak dan 42 prajurit Intai Amfhibi (Taifib).

Dengan demikian, TNI AL telah menambah kemampuan dan daya dobraknya dengan bergabungnya 56 prajurit Pasukan Elit TNI AL yang memiliki kemampuan khusus itu. Ke-56 pasukan khusus TNI AL itu berhak atas brevet pasukan katak dan trimedia Taifib Marinir setelah berhasil mengikuti pendidikan selama 10 bulan di Kobangdikal.

Menurut siaran pers yang diterima Media Indonesia, penyematan brevetnya sendiri dilakukan oleh Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Arief Suherman di Kobangdikal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (28/8).

Dalam masa 10 bulan penggemblengan tersebut, ke-56 prajurit calon pasukan elit TNI AL ini telah mengalami pendidikan yang berbeda dengan pendidikan prajurit biasanya. Tingkat kesulitan, bobot, dan risiko latihannya pun lebih tinggi bila dibanding dengan prajurit lainnya.

Hal ini dimaklumi karena pasukan elit memang disiapkan untuk melaksanakan tugas-tugas khusus dengan tingkat tekanan yang tinggi namun harus tetap cermat, tepat, dan akurat dalam pelaksanaanya.

Setiap tahunnya, Kobangdikal sebagai lembaga pencetak SDM TNI AL, senantiasa meluluskan prajurit dengan kualifikasi khusus seperti Paska dan Taifib dalam jumlah terbatas. Ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas lulusan dalam tiap angkatan.

Lulusan kali ini adalah Dikpaska angkatan ke-32 yang digembleng di Pusat Pendidikan Khusus, Kodikosla. Sementara itu, Diktaifib angkatan ke-35 digembleng di Pusdik Infantri Marinir, Kodikmar Gunugsari.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: